Dinkes Konsel Launching Integrasi Layanan Kesehatan Primer

Bupati Konsel H Surunuddin Dangga (Kedua dari kiri) saat menyaksikan pelayanan kesehatan dan didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Bonil L Permana di acara lounching di Desa Aepodu. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Pelayanan kesehatan untuk masyarakat Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus ditingkatkan. Salah satunya upaya merevitalisasi program promotif dan preventif di layanan primer.

Upaya ini diyakini mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara umum sesuai dengan tujuan transformasi sistem kesehatan pada pilar pertama.

Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga dalam sambutannya mengatakan, Kondisi saat ini belum semua masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah. Layanan yang ada belum berorientasi pada kebutuhan berdasarkan pada siklus kehidupan serta pelayanan kesehatan masih berorientasi pada upaya kuratif dibanding upaya promotif dan preventif.

“Ketersediaan tenaga kesehatan dan sarpras alat kesehatan belum dapat terpenuhi merata di semua puskesmas. Oleh karenanya di perlukan upaya untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat melalui perluasan jejaring layanan kesehatan primer yang komprehensif dan berkualitas kepada masyarakat,”ungkapnya saat melaunching Launching Integrasi Layanan Kesehatan Primer di Desa Aepodu Kecamatan laeya, Sabtu, (30/09/2023).

Menurut orang nomor satu di Konsel itu Transformasi Kesehatan sebagai kebijakan kesehatan yang perlu dilaksanakan di tahun 2023 sebagai awal mula perubahan dalam meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat.

“Saya berharap kita semua dapat menyukseskan program nasional ini khusunya di Kabupaten Konawe Selatan,”tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Konawe Selatan (Konsel) dr. Boni Lambang Pratama saat memberikan laporan bahwa Launching integrasi Layanan Kesehatan Primer merupakan program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI dalam rangka pelayanan yang prima.

“Pelaksanaan kegiatan layanan primer ini merupakan upaya untuk mengkoordinasikan berbagai peran Kesehatan Masyarakat khususnya di Puskesmas dan Posyandu,”ujarnya.

Dokbon (Sapaan Akrab Kadinkes Konsel ini-red) mengaku, pelaksanaan pelayanan dapat berkesinambungan konferensi dan berkualitas dan fokusnya pada seluruh siklus hidup atau cluster yang ada di masyarakat.

” Alhamdulilah, Kabupaten Konawe selatan yang pertama melaksanakan integrasi nasional integrasi layanan primer. Kami berharap adanya kerjasama lintas sektor dan Multi sektor melalui kegiatan integrasi layanan primer dengan dibentuknya pokjanal dan sasaran gerakan satu sehat,”tandasnya.

USAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *