Coklit Berakhir, PPS Mulai Rekap DPHP

Ketua KPU Konawe Selatan Aliudin

BeritaRakyat.id,. Konawe Selatan – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus dimaksimalkan. Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli telah berakhir pada tanggal 13 Agustus lalu.

Hasil Coklit yang dilakukan 632 PPDP tersebut selanjutnya akan dilaksanakan perekapan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa dan kelurahan se Konsel. Rekap Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) selanjutnya akan di plenokan di tingkat PPS hingga 29 Agustus untuk kemudian diserahkan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Pencocokan dan penelitian data pemilih oleh petugas pemutakhiran data pemilih sudah berakhir sejak 13 Agustus lalu. Kini PPS di tingkat desa mulai melakukan rekap untuk kemudian menetapkan DPHP melalui pleno hingga tanggal 29 Agustus,”ujar Ketua KPU Konsel Aliudin melalui via telephone, Sabtu, 15/08/2020.

Selanjutnya, kata Aliudin, hasil pleno DPHP di PPS diserahkan di PPK untuk kemudian dilakukan rekap untuk DPHP tingkat Kecamatan dan seterusnya dilanjutkan di KPU untuk dilakukan rekapitulasi DPHP untuk menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada.

“Hasil DPHP yang di coklit oleh PPDP dan direkap oleh PPS dan PPK hingga di KPU tersebut selanjutnya akan diumumkan kepada publik. Maksudnya dengan pengumuman tersebut, jika masih ada warga yang belum terdata maka akan di data dan masuk dalam DPT nantinya,”ungkapnya.

Mantan ketua KPP Lainea itu menambahkan, selain tahapan penyusunan dan rekap DPHP hasil Coklit PPDP, KPU Konsel saat ini sudah dalam penyusunan scedule tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati.

“Untuk tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati di KPU Konsel akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 September 2020,”tandasnya.

AKBAR / HERMAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *