BPN Muna Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Masyarakat di Kecamatan Towea

Kades Lakarama Serka (Purn) Lini Lalipa tengah kaos putih saat mendampingi pihak BPN Muna menyerahkan sertifikat tanah masyarakat di Balai Desa Lakarama (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Muna – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Muna membagikan ratusan sertifikat tanah masyarakat di Desa Moasi dan Desa Lakarama Kecamatan Towea, Kamis (28/12/2023).

Kepala Seksi Pertanahan dan Pemberdayaan BPN Muna, melalui Analisis Pertanahan, Kabir mengatakan, pembagian ratusan merupakan salah satu program pemerintah pusat melalui reforma agraria.

“Pembagian sertifikat tanah ini, kegitan redistribusi tanah. Sesuai agenda Presiden terkait dengan agenda reforma agraria itu salah satunya mendistribusikan tanah eks HGU,” katanya kepada media ini.

Sertifikat ini lanjut dia, sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah, agar adanya kepastian hukum terhadap lahan masyarakat. Khususnya lahan masyarakat yang dulunya masuk dalam kawasan HGU PT Tobea di kecamatan Towea Kabupaten Muna.

“Dulukan kita tau disni ada PT Tobea, inilah yang kita distribusikan kepada masyarakat untuk memberikan kepastian hukum, atas tanah masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan total keseluruhan penyerahan sertifikat lahan kepada masyarakat di dua Desa di Kecamatan Towea ini sebanyak 399 bidang.

“Total keseluruhan yang di bagikan. Untuk di Desa Moasi 172 dan untuk Desa Lakarama 227,” ungkapnya.

Sertifikat ini kata dia, tidak ada pungutan biaya. Sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah pusat.

“Ini gratis karena seluruh biayanya sudah disubsidi sama pemerintah melalui APBN,” bebernya.

Sementara itu Kepala Desa Lakarama Serka (Purn) Lini Lalipa mengaku, sangat menyambut baik pemberian sertifikat gratis oleh BPN.

Selaku Pemerintah Desa kata dia, dirinya sangat mengapresiasi program reforma agraria Presiden Jokowi Dodo ini.

“Kami sangat mengapresiasi dengan baik pembagian sertifikat tanah ini. Selama lahan masyarakat tidak ada kekuatan hukum, sehingga dengan adanya ini tentu paling tidak nilai jual ada,”singkatnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *