Bebas Nambang Emas, Massa Desak Polda Sultra Tangkap KTT PT PLM

Massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Bombana saat menggelar aksi di depan Polda Sultra (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Kendari – Ratusan masa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Bombana (FMPB), menggelar aksi demonstrasi di Kantor Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Aksi demonstrasi yang tergabung dalam FMPB itu, meminta Polda Sultra segara menangkap Kepala Tehnik Tambang (KTT) PT Panca Logam Makmur (PLM), atas dugaan ilegal mining di Kabupaten Bombana.

Koordinator massa, Fardin Nage mengatakan PT PLM terus melakukan aktivitas pertambangan emas di Kabupaten Bombana, meski tidak memiliki dokumen lengkap.

Untuk itu, kata dia pihaknya meminta Ditkrimsus Polda Sultra untuk segera menangkap dan menersangkakan KTT PT PLM atas nama Eki.

“PT PLM ini terus melakukan aktivitas pertambangan emas, dengan bebas meskipun tidak memiliki dokumen lengkap. Untuk kami minta Ditkrimsus Polda Sultra segera menersangkan KTT PT PLM,” katanya, Selasa (31/10/2023).

Anehnya lanjut dia, aktivitas pertambangan emas tersebut, dibiarkan bebas menggarap tampa ada tindakan dari aparat penegak hukum.

“RKAB PT PLM ini telah berakhir sejak tahun 2021, namun aktivitas pertambangan masih terus dilakukan hingga tahun 2023 sekarang ini,” jelasnya.

Menurut dia, tidak alasan bagi APH untuk tidak menangkap dan menersangkakan KTT PLM. Ditambah lagi Direktur Utama PT PLM sendiri ditetapkan tersangka atas dugaan ilegal mining, namun anehnya KTT bebas berkeliaran.

“KTT ini seseorang yang memiliki posisi tertinggi dalam struktur pertambangan lapangan, yang memimpin dan bertanggung jawab atas terlaksananya operasional pertambangan,” ungkapnya.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan media ini, belum lama ini ratusan masyarakat juga melakukan aksi dan menghentikan paksa aktivitas pertambangan PT PLM di Desa Wumbubangka Kecamatan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana.

Bahkan masa juga mengeluarkan paksa sejumlah alat yang kedapatan melakukan aktivitas pertambangan emas.

Sementara itu, hingga saat ini pihak PT PLM belum berhasil dikonfirmasi.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *