Bawaslu Sultra Bahas Pencegahan Berita Hoax Pada Pemilu Tahun2024 Bersama Insan Pers

Kegiatan bersama Bawaslu Sultra dan Insan Pers di salah satu Cafe dan Resto di Kendari. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,. Kendari- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelar Diskusi bersama puluhan insan Media dan jurnalis, Senin (05/02/2024).

Kegiatan yang berlangsung di salah satu resto & cafe di Kota Kendari ini, menghadirkan narasumber mantan ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang juga wartawan senior di media TEMPO.co dan CNN TV, Zainal A Ishak.

Koordinator Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Provinsi Sultra, Bahari, mengatakan peran media dalam mendukung kerja-kerja Bawaslu, salah satunya dalam mencegah berita Hoax pada pemilu tahun 2024 sangatlah penting.

“Bagi saya pengawasan yang baik tidak ada manfaatnya kalau tidak ada pemberitaan yang dilakukan oleh media,” kata Bahari dalam sambutannya.

Bahari menekankan pentingnya kerjasama antara lembaga pengawas pemilu dan media massa.

Media kata Bahari, selain mencegah berita-berita Hoax atau bohong. Bawaslu kali ini juga lebih mengedepankan pencegahan.

“Ini tanggung jawab kita semua sehingga 14 Februari yang akan datang berjalan sebagaimana kita harapkan dan sesuai undang-undang,” ungkapnya.

Sementara itu, Zainal Abidin Ishak mengaku peran media dalam meningkatkan kebutuhan literasi media di kalangan masyarakat sangat.

Menurutnya pendidikan kepada masyarakat mengenai cara memilah dan memverifikasi informasi sangat krusial dalam menghindari penyebaran berita palsu atau Hoax.

“Saya hanya mau mengingatkan bagi teman-teman di Bawaslu, teman-teman jurnalis, pemilihan nanti mulai dari sebelum tanggal 14 hingga saat pemilihan dan setelah pemilihan nanti itu adalah masa-masa yang krusial,” ungkap Zainal.

“Maka penting bagi kita untuk disiplin verifikasi, jangan mudah percaya informasi yang beredar, disiplin verifikasi dan verifikasi,” tutupnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *