Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Ketua Bawaslu Sultra Iwan Rompo (Berdiri) saat memberikan materi terkait pengawasan partisipatif Pemilu yang digelar Bawaslu Konsel. (FOTO : HERMAN)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di salah satu hotel di Konsel, Minggu (22/10 2023(.

Peserta kegiatan tersebut berbagai lembaga dan organisasi mulai dari
SKPP, BKMT, Pemantau Pemilu, Wartawan, KNPI, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Mahasiswa

“Semoga silaturahmi ini selalu terjalin untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan,” kata Ketua Bawaslu Konsel Siambu.

Siambu menjelaskan, yang melatar belakangi kegiatab ini dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2024 dan sehubungan dengan amanat UU No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum sebagaimana pasal 102 ayat (1) Bawaslu kabupaten kota bertugas melakukan pencegahan pelanggaran dan sengketa proses Pemilu.

“Maka Bawaslu Konawe Selatan melaksanakan kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif pada tahun 2024,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

“Harapan kami membanguj sinergitas dan kaloborasi antara Bawaslu dengan masyarakat, serta stakeholder dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan pada Pemilu 2024,” tutupnya.

YAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *