ASN di Bappenda Kendari Jadi Tersangka Kasus Penggelapan Pajak Reklame

Kepala Kejaksaan Negeri Kendari Shirley saat menunjukkan barang bukti sitaan penyidik atas dugaan korupsi pajak reklame Kota Kendari (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Kendari – Setelah ditangani berbulan-bulan oleh pihak kejaksaan, kasus dugaan penggelapan pajak reklame di Kota Kendari akhirnya menghasilkan satu tersangka.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kendari Shirley menyebut, tersangka dalam kasus ini adalah aparatur sipil negara (ASN) di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kota Kendari. Inisialnya adalah I dan saat ini menduduki jabatan sebagai kepala seksi (Kasi).

“Kami tetapkan tersangka Jumat kemarin,” ungkap Shirley Sumuan, Selasa (13/10/2020)

Dijelaskan, berdasarkan hasil audit badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP), kerugian negara akibat tindak pidana korupsi tersebut adalah senilai Rp256.393.000. Selain itu, dalam kasus itu, jaksa menemukan adanya penyimpangan uang pajak reklame yang disalahgunakan.

“Kami akan buka semuanya di persidangan. Intinya ada beberapa uang pajak reklame yang seharusnya masuk di kas daerah, tetapi tidak masuk,” bebernya.

Penetapan tersangka ini, lanjut dia, berdasarkan alat bukti yang kuat. Namun demikian, tersangka I belum ditahan

“Kami belum tahan. Kami baru tetapkan tersangka, kami periksa sebagai tersangka juga belum. Kemudian dalam waktu dekat ini kami akan periksa,” bebernya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mempersilahkan agar kasus ini didalami lebih lanjut oleh pihak kejaksaan.

“Iya, itu kewenangan penegak hukum,” ucapnya singkat.

ODEK/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *