Ali Mazi Dilantik Jadi Ketua Umum DPW Majelis Adat Kerajaan Nusantara

Ali Mazi di lantik menjadi ketua DPW Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Sultra (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Kendari – H Ali Mazi dilantik sebagai ketua umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), masa bakti tahun 2023-2028.

Pelantikan mantan Gubernur Sultra itu, dilakukan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) YM KPH Eddy S Wirabhumi di salah satu di Kota Kendari, Kamis (30/11/2023).

Usai dilantik dan dikukuhkan sebagai ketua MAKN Sultra, Ali Mazi me mengatakan siap melestarikan budaya di Sulawesi Tenggara.

“Inikan organisasi pelestarian budaya, kemudian kita khususnya di budaya ini. Kita akan membantu pemerintah dalam rangka melestarikan budaya,” kata Ali Mazi kepada media ini, usai kegiatan pelantikan.

Mantan Gubernur dua periode ini, mengaku banyak budaya-budaya yang ada di Bumi Anoa, yang kini terancam punah dan betul-betul belum terekspos. Mulai dari adat-istiadat, sejarah, bahasa daerah, makan khas dan lain-lain.

Untuk itu kata dia, kehadiran MAKN, akan menjadi pelopor pelestarian budaya di Sultra.

“Masih banyak sekali, sebenarnya bukan Pemerintah tidak bisa. Tapi karena kesibukan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Nah oleh karena itu, kehadiran MAKN ini untuk membantu pemerintah melestarikan budaya,” bebernya.

Yang tergabung di dalam organisasi MAKN Sultra ini tambah dia, ada 13 Kerajaan dan satu kesultanan.

“Semua ada 14, nah ini nanti kita inventarisasi yang bagus kita lihat, sejarahnya kita tulis, intinya kita siap membatu pemerintah melestarikan budaya,” tutupnya.

ODEK

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *