71 Hari Menjabat Plt Bupati Konsel, Ini yang Dilakukan Arsalim Arifin

Dr H Arsalim Arifin

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Masa jabatan, Dr H Arsalim Arifin, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Konawe Selatan (Konsel) berakhir hari ini,  Sabtu (05/12/2020). H Surunuddin Dangga pun kembali memegang kendali bupati, setelah masa cutinya berakhir.

Selama 71 hari mengendalikan pemerintahan di Konsel menggantikan sementara Surunuddin yang cuti karena maju Pilkada, Arsalim telah menjalankan sejumlah tugas pemerintahan. Salah satunya berupaya mendorong aparatur sipil negara (ASN) agar tetap netral menghadapi Pilkada Konsel 9 Desember mendatang.

“Alhamdulillah tugas saya sebagai Plt  berakhir pada hari ini, sabtu 5 Desember 2020. Semua tugas-tugas bupati telah dilakukan dengan baik. Termasuk mendisiplinkan ASN untuk netral di Pilkada. Bahkan yang tidak netral telah diberikan sanksi,” ujar Arsalim kepada media ini Sabtu, (05/12/2020).

Tugas pemerintahan lainnya yang tak kalah penting telah dilakukan Arsalim adalah merealisasikan  pembahasan dan penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2020. Bahkan di masa injury time jabatannya sebagai Plt bupati, ia barsama anggota DPRD Konsel telah  menuntaskan pembahasan dan penetapan APBD  2021.

Diakui Arsalim, selama menjabat sebagai Plt bupati, dirinya tidak harus melaksanakan tugas tambahan. Akan tetapi, mengendalikan pemerintahan di tengah masa pandemi sekarang ini, dirinya juga terus berupaya mengevaluasi penanganan Covid-19 di Wilayah Konsel, agar penyebarannya tidak semakin meluas.

Meski menjalani proses pemerintahan dengan baik, di akhir masa jabatannya sebagai Plt bupati, Arsalim diperhadapkan dengan pelaporan dirinya oleh salah satu lembaga ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Konsel. Ia dituding melakukan pelanggaran karena menggunakan rumah pribadinya sebagai posko pemenangan calon bupati dan wakil bupati, Endang-Wahyu. Langkahnya mengganti Kepala Puskesmas (Kapus) Tinanggea dengan mengajar Plt, juga dipersoalkan.

“Namun saya tidak menjadikan itu sebagai masalah, tetapi itu adalah proses demokrasi,” ujar mantan Kepala Bappeda Konsel itu.

Setelah masa jabatannya sebagai Plt bupati berakhir, Arsalim pun mengaku siap melanjutkan tugasnya sebagai wakil bupati. Ia mengaku akan kembali memdampingi  Surunuddin Dangga melaksanakan roda pemerintahan di Konsel hingga masa tugasnya berakhir Februari 2021 mendatang.

“Tentunya saya tetap akan mendampingi pak bupati untuk melaksanakan visi dan misi kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konsel hingga tanggal 23 Februari 2021 mendatang,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *