272 Cakades di Konsel Sepakat Siap Menang dan Kalah

Bupati Konsel H Suruniddin Dangga (Kanan) saat mendengarkan fakta integritas dari salah satu perwakilan Cakades di Konsel. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Sebanyak 262 Calon Kepala desa di Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersepakat mendatangani fakta integritas siap menang dan siap kalah dalam hajatan Pemilihan Kepala Desa pada tanggal 24 September 2023 mendatang.

Kesepakatan itu disampaikan dihadapan Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga bersama Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) saat pelaksanaan deklarasi Pilkades damai di Auditorium Lantai lll Kantor Bupati. Kamis, (14/09/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga  mengatakan, penandatanganan Pakta Integritas untuk membangun komitmen bersama bagi semua calon kepala desa dan mendukung pelaksanaan pemilihan kepala desa yang berkualitas aman dan damai.

Momentum penandatanganan itu, lanjutnya, agar dibutuhkan komitmen bersama agar kita semua menjaga simpatisan agar mensukseskan pesta demokrasi di desanya. Dimana pelaksanaan Pilkades di Konawe Selatan berjumlah 96 desa di 25 kecamatan dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 272 orang .

“Pilkades serentak adalah amanah perundang-undangan. Dimana Konawe Selatan telah melaksanakan pemilihan kepala desa serentak sejak tahun 2016, 2018 dan 2019,2022 lalu. Tentunya kita sudah sangat dewasa dalam melaksanakan pesta demokrasi di desa.Dengan adanya penandatanganan Pakta Integritas akan mengingatkan kembali komitmen mendukung pelaksanaan pemilihan kepala desa yang berkualitas, menjaga ketentraman dan ketertiban selama tahapan pemilihan berjalan,”ungkapnya.

Bupati dua periode ini, berpesan kepada panitia pemilihan untuk tetap profesional, mengelola pemilihan secara transparan, berkualitas dan aman. Siapapun kepala desa yang terpilih merupakan putra-putri terbaik desa.

“Dukung mendukung dalam pemilihan merupakan hal wajar dalam kontestasi jabatan politis. Terpenting, penyampaian program pembangunan desa merupakan tawaran untuk mendapat simpati masyarakat,”tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Anas Mas’ud menjelaskan, dari 26 tahapan Pildes yang dicanangkan, kini sudah masuk di tahapan ke 16 yaitu penandatanganan Pakta Integritas bagi Cakades se-Konawe Selatan.

“Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun 2023 dilaksanakan berdasarkan Peraturan Bupati no.32 tahun 2023 tentang tata cara pemilihan kepala desa di Kabupaten Konawe Selatan dan kegiatan penandatanganan Pakta integritas dan dilaksanakan hari ini mengacu pada keputusan bupati no. 141/416 tahun 223 tentang penetapan hari dan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Konawe Selatan” jelasnya

Dirinya berharap tahapan pemilihan kepala desa serentak ini dapat terselenggara dengan tertib, aman dan damai sampai pada hari pemungutan suara nantinya.

“Harapan selanjutnya tahapan semuanya dapat berjalan dengan lancar. Pada tanggal 24 September atau tahapan ke 20 yaitu pemungutan suara, kemudian tahapan terakhir Mei tahun 2024 yaitu pelantikan kepala desa terpilih dapat terselenggara dengan baik,”pungkasnya.

YAN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *